Thursday, May 21, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Kekayaan alam yang disimpan oleh Indonesia memang menjadi surga yang tidak bisa diremehkan. Hal yang perlu diketahui, ternyata Indonesa juga mempunyai taman nasional, yang diklaim menjadi taman nasional paling besar se-Asia Tenggara! Taman nasional yang terletak di bagian timur Indonesia, tepatnya di Papua itu diberi nama Taman Nasional Lorentz.

Fakta Menarik Taman Nasional Lorentz

Sebagai taman nasional yang luar biasa luasnya, tentu saja Taman Nasional Lorentz memiliki sejumlah fakta menarik yang perlu diketahui. Tentu saja, fakta-fakta tersebutlah yang menuntun Taman Nasional Lorentz menjadi aset tak ternilai, yang dimiliki oleh Indonesia. Apa saja sih keunikan-keunikan Taman Nasional Lorentz yang tidak dimiliki oleh taman-taman lain?

Didirikan Sejak 1997

Taman Nasional Lorentz ternyata sudah beroperasi lebih dari 20 tahun lamanya. Didirikan sejak tahun 1997, taman nasional terbesar ini disahkan dan dinobatkan oleh UNESCO sebagai taman nasional paling besar se-Asia Tenggara. Tak hanya itu, Badan PBB pun turut menobatkan taman Nasional Lorentz sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1999 (sumber: www.wwf.or.id).

Luas Areal

Jika Taman Nasional Lorentz dinobatkan sebagai yang paling besar di antara taman-taman nasional di Asia Tenggara, sudah tentu area taman ini memang memiliki luas yang fantastis. Didasarkan pada surat penunjukan oleh Menteri Kehutanan dan Perkebunan No.154/KPTS-II/Th.1997, ternyata luas area TN Lorentz mencapai 2.505.600 ha.
Puncak Jaya - Papua (Wikipedia)

Luas Taman Nasional yang memiliki sejarah nama yang diambil dari nama seorang ahli biologi asal Belanda bernama lengkap Albertus Lorentz ini, setara dengan 37 kali luasnya kota Jakarta. Tentu kekayaan alam ini tidak akan habis, walau disusuri selama tiga hari tiga malam. Apalagi dengan kelengkapan ekosistem yang dimilikinya!
Peta Taman Nasional Lorentz
Lihat juga: https://en.wikipedia.org/wiki/Lorentz_National_Park

Keberagaman Ekosistem

Keberagaman ekosistem yang disimpan oleh Taman Nasional Lorentz memang tidak dapat diragukan. WWF selaku organisasi non pemerintah internasional pun, juga menobatkan Taman Nasional Lorentz sebagai area yang menyimpan ekosistem terlengkap yang ada di Asia Pasifik. Mengapa demikian?

Taman Nasional Lorentz ditinjau memiliki segala tipe dari ekosistem utama, tak hanya ekosistem berupa perairan laut, TN Lorentz di Papua juga memiliki ekosistem pesisir, hutan pantai, hutan dataran rendah, hutan rawa air payau, hutan pegunungan rendah, hutan rawa air tawar, dan hutan pegunungan tinggi.
Penduduk Lokal Mimika TN Lorentz
Penduduk Lokal Mimika TN Lorentz (Danumurthi Mahendra / Flickr)

Uniknya lagi, tidak hanya memiliki ekosistem-ekosistem utama yang sering dijumpai di Indonesia, ternyata Taman Nasional Lorentz juga memiliki ekosistem berupa Tree Line atau sub alpin, ekosistem alpin. Hal yang paling menakjubkan adalah TN Lorentz juga menyimpan ekosistem pegunungan salju abadi!

Spesies Hewan Langka

Didukung dengan keberadaan ekosistem utama yang sangat bervariasi dan terlengkap se-Asia Pasifik, sudah tentu Taman Nasional Lorentz menjadi suatu bentuk tempat tinggal yang surgawi bagi berbagai spesies hewan yang ada di Indonesia, khususnya di dataran Papua. Tak hanya spesies hewan yang masih mudah untuk dijumpai, tetapi juga hewan langka!
Kangguru Pohon salah satu hewan Langka Papua
Kangguru Pohon salah satu hewan Langka Papua (Indonesia.go.id)

Taman Nasional Lorentz memang memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap kekayaan hayati yang dimiliki Indonesia. Terdapat total 411 spesies burung yang sangat lengkap, 123 spesies hewan mamalia, serta 150 spesies hewan amfibi dan juga reptil. Dengan jumlah spesies burung yang banyak seperti itu, TN Lorentz disebut pula EBA.
Burung Crowned Pigeon Selatan di TN Lorentz
Burung Crowned Pigeon Selatan di TN Lorentz

EBA atau Endemic Bird Area merupakan Daerah Burung Endemik yang di dalamnya terdiri dari 45 jenis spesies burung dengan sebaran terbatas, serta 9 spesies jenis burung endemik. Taman Nasional Lorentz juga memiliki Pengunungan Sudirman yang menjadi deretan isolasi yang bersifat alamiah, untuk penyebaran berbagai jenis burung serta hewan lain.

Keindahan Landscape

Keindahan alam yang disimpan oleh TN Lorentz memang tidak dapat diduakan. Terdapat gletser yang tampak di Puncak Jaya. Dilengkapi pula dengan aliran sungai yang landscape-nya menghilang sebanyak sejumlah kilometer ke dalam tanah menuju Lembah Baliem. Keunikan ini didukung dengan 34 vegetasi alami.

Vegetasi alami yang dimiliki terdiri dari hutan sagu, hutan tepi sungai, hutan rawa, dan juga padang rumput. Tersimpan berbagai persediaan pertambangan dan mineral berskala besar. Membentang pula sepanjang 150 kilometer, keindahan landscape yang bermula dari Puncak sebelah utara Pegunungan Cartenz hingga batasnya di tepi laut sebelah selatan laut Arafura.

Keanekaragaman Flora Fauna

Tak hanya kekayaan fauna dengan keberagaman spesiesnya yang mencapai ribuan, TN Lorentz juga menyimpan keanekaragaman flora. Jenis flora yang paling mudah ditemui di TN Lorentz adalah flora bakau dan juga nipah. Sedangkan, fauna langka yang teridentifikasi sangatlah banyak.

Di antaranya adalah 4 spesies kuskus, babi duri moncong panjang, burung kasuari, walabi, burung puyuh salju, babi duri moncong pendek, kucing hutan, dan juga curung cendrawasih ekor panjang. Hal yang paling unik dan menjadi suatu penemuan baru adalah fauna berupa Kanguru pohon mbaiso (Dingiso) yang sangat menggemaskan.
Penampakan Kangguru Pohon Dingiso
Penampakan Kangguru Pohon Dingiso

Dengan kekayaan alam yang dimiliki oleh Taman Nasional Lorentz, baik itu meliputi kekayaan flora dan fauna, kelengkapan ekosistem, serta luas area yang luar biasa, tentu Indonesia patut melestarikan dan menjaga aset terpenting yang tidak dapat ditemukan di negara lain ini. Kawasan konservasi yang lengkap dan alami ini tentu menjadi kebanggan bagi Indonesia.

Next article Next Post
Previous article Previous Post