Tuesday, June 9, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Tahu Susu! Apa yang Anda bayangkan tentang makanan ini? Pasti nikmat bukan main. Ya, tahu susu alias tahu Lembang merupakan salah satu makanan khas asli Bandung. Jika Anda sudah sering menyantap tahu biasa, mungkin sesekali bisa mencicipi tahu susu ini. Tahu dengan campuran susu sapi membuat tekstur tahu ini sangat lembut dan rasanya begitu gurih.
Tekstur tahu susu lembut nan gurih
Tekstur tahu susu lembut nan gurih

Kelebihan Tahu Susu

Apa saja kelebihan tahu susu dibanding tahu lainnya? Mungkin ini yang sering ditanyakan oleh para traveller yang belum pernah mencicipinya. Perlu Anda tahu, bahwa tahu susu khas Jawa Barat ini berbeda dengan tahu susu khas India atau yang biasa disebut Dahi atau Tayir. Agar Anda lebih yakin, simak dulu beberapa kelebihan dari tahu kuliner khas Indonesia ini.

Referensi terkait: id.wikipedia.org/wiki/Dahi_(tahu_susu)

  1. Tekstur Lembut
Selain kedelai, bahan utama tahu susu ini adalah susu sapi dicampur dengan mentega. Dari campuran bahan-bahan tersebut kemudian menghasilkan tahu dengan tekstur yang sangat lembut.
  1. Tinggi Protein
Tahu susu juga mengandung protein yang tinggi karena terdapat susu sapi di dalamnya. Susu sapi memiliki jumlah protein yang sangat tinggi. Selain protein, susu sapi juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin D, lemak, karbohidrat, kalsium, dan vitamin A dalam tubuh.
  1. Mencegah Penyakit Jantung
Protein nabati yang berasal dari kedelai dapat menjadi pengontrol LDL (kolesterol buruk) di dalam tubuh seseorang. Saat kadar LDL turun, maka seseorang akan terhindar dari resiko penyakit jantung.
  1. Menyeimbangkan Hormon
Tahu susu mengandung fitoestrogen. Zat tersebut sangat baik untuk menyeimbangkan hormon pada tubuh. Khususnya ditujukan untuk wanita yang telah menopause. Karena biasanya pada masa ini, wanita mengalami mood yang labil akibat hormon yang tidak seimbang.
  1. Mengandung Zat Besi
Salah satu zat penting yang ada di dalam tahu susu yaitu zat besi. Semua tentu sudah tahu bahwa zat besi sangat baik bagi tubuh. Zat ini dapat menghasilkan energi serta membantu melepaskan oksigen untuk beredar ke seluruh tubuh.

Cara Membuat Tahu Susu

Proses pembuatan tahu susu lembang
Proses pembuatan tahu susu lembang

Tahu Susu Homemade

Tahu susu sangat mudah dibuat, meskipun Anda bukan pelaku usaha tahu susu. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah untuk menjadikannya sebagai menu makanan untuk keluarga. Berikut langkah-langkah membuat tahu susu secara simpel:
  1. Tuang air ke dalam panci.
  2. Masukan bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, dan kaldu bubuk.
  3. Aduk sebentar lalu tunggu sampai air mulai mendidih.
  4. Setelah mulai mendidih, matikan api dan masukan baking powder.
  5. Aduk-aduk, dan nyalakan kembali api kompornya.
  6. Jika sudah matang, matikan api.
  7. Siapkan tahu ke dalam wadah, kemudian tuang air rebusan tadi ke dalam wadah tahu.
  8. Tahu harus terendam sempurna, diamkan minimal selama 3 jam.
  9. Setelah 3 jam, tahu siap untuk digoreng dan disajikan.

Tahu Susu Industri

Untuk keperluan Industri, tahu susu diolah dengan langkah yang lebih detail dan tentu saja jumlahnya harus banyak. Berikut referensi yang bisa Anda tiru untuk membuka membuat tahu susu kelas industri.

Tahu susu lembang skala industri
  1. Pengolahan Kedelai
  • Rendam kacang kedelai kurang lebih selama 4 jam.
  • Setelah 4 jam, kedelai dicuci sampai benar-benar bersih.
  • Giling kacang kedelai hingga teksturnya benar-benar lembut.
  • Rebus gilingan kedelai setidaknya selama 1 jam, aduk secara berkala agar tidak menggumpal.
  • Setelah selesai, saring agar ampasnya terpisah dari sari kedelai.
  1. Pencampuran Susu Sapi Murni
  • Sari kedelai yang sudah jadi kemudian dicampur dengan susu murni, garam, mentega, serta biang tahu.
  • Tunggu hingga adonan mengental, lalu masukan pada cetakan yang sudah disiapkan.
  • Setelah sedikit mengeras, barulah tahu bisa dipotong sesuai ukuran yang diinginkan.
  1. Pemberian Bumbu
  • Tahu yang sudah dipotong kecil-kecil kemudian direbus dengan air.
  • Masukan beberapa bumbu seperti bawang putih, bisa juga dengan kunyit. Hal ini bisa disesuaikan dengan jenis tahu.
  • Tunggu hingga matang, dan tahu siang dikemas dan dipasarkan.

Kisaran Harga

Tahu susu Lembang selalu laris diburu pembeli. Bagaimana tidak? Rasanya sangat enak dan harganya cukup terjangkau. Kedua alasan itulah yang menjadi dasar utama calon pembeli untuk senang hati memborong tahu susu.

Harga yang ditawarkan yaitu sekitar 10 ribu untuk jenis tahu goreng (berisi 10 potong). Kemudian 15 ribu untuk tahu cetak sebanyak 10 potong per pack. Namun perlu diingat, tahu susu dibuat tanpa pengawet sehingga hanya mampu bertahan 2 hari saja setelah diproduksi.

Bahan-bahan

  1. Tahu Susu Simpel
Bahan-bahan untuk membuat tahu susu sebenarnya cukup mudah. Anda bisa membelinya di pasar tradisional, supermarket, ataupun melalui toko-toko online. Berikut bahan dasar yang perlu disiapkan untuk membuat tahu susu khas Lembang:
  1. Tahu putih 10 potong, atau sesuai selera.
  2. Bawang putih 10 siung kemudian haluskan.
  3. Baking soda dengan takaran 2 sendok teh.
  4. Kaldu bubuk sebanyak 2 sendok makan.
  5. Garam 2 sendok makan.
  6. Baking powder double acting setidaknya 2 sendok teh
  7. Air secukupnya.

  1. Tahu Susu untuk Industri
Bahan baku yang perlu disiapkan untuk membuat tahu susu kelas industri adalah:
  1. Kacang kedelai.
  2. Susu sapi murni
  3. Mentega.
  4. Garam.
  5. Bawang putih atau kunyit.
  6. Air.
Bahan pembuat tahu susu lembang
Bahan pembuat tahu susu lembang

Kredit foto: Tahu Susu dari Tim Indonesia Exploride IndonesiaKaya

Dalam kelas industri, Anda harus menyediakan peralatan pendukung seperti alat penggilingan, cetakan, panci besar, dan sebagainya. Selain itu, pastikan bahan baku yang digunakan berasal dari bahan-bahan yang berkualitas dan terjamin kebersihannya.

Tempat Penjual yang Terkenal

Tahu susu Lembang sudah sangat populer, khususnya di wilayah Jawa Barat. Sehingga tahu susu ini tidak hanya dijual di kawasan Lembang-Bandung saja. Anda tidak perlu khawatir, karena tahu susu ini semakin mudah dijumpai di beberapa daerah di Jawa Barat, diantaranya:

  1. Bandung
Penjual tahu susu yang cukup terkenal di Bandung adalah “Tahu Susu Lembang”. Alamatnya ada di Jl. Raya Lembang No.177, Jayagiri. Toko ini berlokasi dekat dengan beberapa tempat wisata seperti Lembang Park and Zoo, Lembang Wonderland, Farm House, dan masih banyak lainnya.
  1. Bekasi
Tidak hanya di Bandung, Bekasi juga punya outlet tahu susu yang tidak kalah lezatnya. Outlet yang cukup terkenal yaitu “Tahu Susu Cihuni”. Lokasinya ada di Jl. Raya Wibawa II Mukti No. 2. Anda bisa mengunjunginya setiap hari antara pukul 08.00 WIB sampai 21.00 WIB.
  1. Jakarta
Bagi Anda yang berada di Jakarta tapi ingin bisa menikmati tahu susu asli Lembang, bisa mengunjungi Agen Tahu Susu Lembang. Alamat yang bisa Anda datangi yaitu  di Jl. Hidayah No. 72 RW 1, Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.
  1. Melalui Marketplace
Transaksi ekonomi yang semakin canggih membuat penjual dan pembeli hampir tidak ada batas. Anda pun sama, Anda bisa mencicipi tahu susu asli Lembang hanya dengan membelinya via online, tanpa harus berkunjung ke Jawa Barat. Anda bisa membelinya lewat beberapa marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan sebagainya.

Bagi para traveller, membeli makanan khas suatu daerah menjadi sebuah “kewajiban” tersendiri. Termasuk tahu susu, kuliner satu ini telah menjadi buah tangan yang sangat populer. Tidak hanya itu, bahkan tahu susu bisa dijadikan sebagai makanan sehari-hari untuk keluarga Anda karena pengolahannya yang cukup mudah.

Next article Next Post
Previous article Previous Post