Monday, July 27, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Indonesia merupakan satu negara dengan banyak unsur yang bisa membuatnya memiliki identitas yang kuat dan membedakan dari negara lain.

Beberapa di antaranya adalah keberagaman yang kuat dari segi bahasa, agama, budaya, suku bangsa, hingga sejarah. Kesemua unsur tersebut membentuk identitas yang kuat dalam bentuk NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).
bendera merah putih simbol indonesia.jpg
bendera merah putih simbol indonesia

Sebagai generasi penerus yang baik, tentunya kita semua perlu tahu dan paham tentang identitas negara kita beserta konstitusi, lambang, hingga simbol.

Identitas Nasional Negara Indonesia

Identitas nasional dapat diartikan sebagai jati diri atau kepribadian nasional yang dimiliki oleh negara atau bangsa yang akan membedakan dengan ciri bangsa atau negara yang lain.

Identitas nasional ada dalam wujud simbol kenegaraan seperti: Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, bendera merah putih, pancasila sebagai dasar falsafah negara, UUD 1945 sebagai hukum dasar (konstitusi), Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara, hingga NKRI sebagai bentuk negara.

Beberapa pahlawan perjuangan nasional juga bisa disebut sebagai salah satu bentuk identitas nasional, seperti Pangeran Antasari, Pattimura, Sultan Hasanudin, dan lainnya. Bagaimana bisa? Coba saja sebutkan salah satu nama pahlawan tersebut, maka nanti yang teringat adalah perjuangannya membela Indonesia. Hal itu pun bisa memicu rasa nasionalis dari dalam diri.

Manfaat Identitas Negara Indonesia

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya identitas nasional, apa saja? Berikut uraiannya

Memberikan eksistensi

Indonesia merupakan negara yang merdeka dan bangsa yang utuh, hal ini dapat diakui dengan adanya identitas nasional yang kuat. dengan adanya eksistensi dan pengakuan, maka hubungan kerjasama internasional akan lebih dihargai.

Negara Indonesia pun dinilai lebih bermartabat karena keragaman budaya, agama, bahasa, serta punya rasa solidaritas dan toleransi yang tinggi.

Memberikan motivasi

Dengan mempunyai identitas bersama, maka bangsa juga akan memiliki motivasi yang selaras untuk tetap mempertahankan citra bangsa di mata dunia atau bahkan meningkatkan kejayaan bangsa dan negara.

Punya jati diri

Manfaat yang tak kalah penting dengan adanya identitas nasional ialah bisa menunjukkan jati diri, kepribadian, solidaritas, kebersamaan, hingga dukungan  untuk mengisi kemerdekaan. Terlebih di tengah era globalisasi yang membuat budaya lebih mudah masuk ke dalam negeri, identitas nasional lah yang akan menunjukkan jati diri diri Indonesia.

Dengan kata lain, identitas nasional akan memunculkan kesadaran nasional di tengah era globalisasi.

Jenis Identitas Negara Indonesia

Berikut merupakan uraian dari berbagai identitas Negara Indonesia yang perlu Anda tahu

Konstitusi

naskah asli piagam jakarta 1945
naskah asli piagam jakarta 1945

UUD 1945 merupakan konstitusi Negara Indonesia yang ditetapkan pada 18-08-1945. Undang Undang Dasar 1945 bukan hanya sebatas dokumen tapi juga segala hal yang menganduk cita-cita, pandangan hidup, serta nilai luhur bangsa yang selanjutnya dijadikan sebagai landasan negara.

Lambang Negara Indonesia

Lambang negara pertama kali diusulkan pada 13 Juli 1945. Dalam perjalanannya, dibentuk Panitia Indonesia Raya yang bertugas mencari tahu lambang yang pas dan selaras dengan kepribadian bangsa.

  1. Garuda Pancasila
Garuda Pancasila diberi warna emas yang menandakan kejayaan dan keagungan. Burung garuda juga memiliki cakar, ekor, sayap, dan paruh yang memberikan  makna akan semangat dan kekuatan.
logo resmi garuda pancasila
logo resmi garuda pancasila

Referensi terkait: id.wikipedia.org/wiki/Indonesia

Sedangkan jumlah bulu Garuda melambangkan hari proklamasi kemerdekaan yakni 17-08-1945. 17 helai sayap, 8 helai ekor, 1 jelai pangkal ekor, dan 45 bulu leher.

  1. Sila 1: Bintang
Bintang dengan 5 sudut menandakan cahaya, selayaknya yang dipancarkan tuhan pada manusia.

  1. Sila 2: Rantai
Mata rantai memiliki bentuk lingkaran dan segiempat yang saling bertautan, persegi menandakan pria dan lingkaran menandakan wanita. Sesuai dengan sila 2, rantai memaknai hubungan antar manusia yang perlu saling membantu dan terkait.

  1. Sila 3: Pohon Beringin
Beringin dimaknai sebagai cerminan dari rasa persatuan dan kesatuan Indonesia. Beringin memiliki akar yang banyak dan menggelantung, hal ini menandakan negara dengan keberagaman dan persatuan.

  1. Sila 4: Kepala Banteng
Banteng merupakan binatang yang lebih sering berkumpul, itulah mengapa ia digunakan sebagai simbol sila ke 4. Lambang ini menandakan bahwa keputusan itu perlu diambil dengan cara musyawarah.

  1. Sila 5: Padi Dan Kapas
Padi dan kapas merupakan dua tumbuhan yang disyaratkan sebagai pangan dan sandang. hal ini dimaksudkan untuk persamaan kedudukan tanpa melihat status sosial bangsa Indonesia.

Simbol NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)

NKRI merupakan bentuk Negara Indonesia yang dinilai sebagai wujud dari proklamasi kemerdekaan Indonesia sebagai bangsa yang beragam atau majemuk. Hal ini sudah tercantum dalam konstitusi negara pasal 1 ayat 1.
peta indonesia lengkap dari sabang merauke
peta indonesia lengkap dari sabang merauke

Beberapa makna NKRI antara lain, keutuhan wilayah dari Sabang sampai Merauke, keutuhan budaya yang beragam, suku bangsa yang banyak, serta keutuhan sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Dengan mengenal dan memahami  identitas negara di atas, diharapkan para generasi penerus bisa terus memupuk rasa nasionalisme dan membawa nama baik Indonesia di manapun berada.

Next article Next Post
Previous article Previous Post