Monday, July 20, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Maha besar Tuhan yang telah memberikan kita kenikmatan dengan karunia yang telah diberikan. Tubuh sehat dan kuat dengan bentuk yang sangat fungsional, memberikan kita kemampuan untuk beraktivitas dengan bebas.
Foto rangka tubuh manusia
Foto rangka tubuh manusia

Dengan tubuh yang sempurna atas penciptaannya. Pernah kan sesekali waktu kita berfikir kenapa tubuh kita dilengkapi oleh tulang-belulang yang tersusun menjadi rangka tubuh. Ternyata semua yang telah diciptakan tanpa ada yang sia-sia. Berikut uraian dari fungsi rangka tubuh manusia serta penjelasannya:

1. Sebagai Pemberi Bentuk Pada Tubuh

Rangka menjadikan tubuh kita memiliki bentuk tubuh yang sempurna. Tidak hanya berupa seonggok daging tidak berbentuk. Keberadaan rangka pada tubuh menjadi hal penting. Fungsi rangka tubuh manusia menjadikan tubuh berbentuk tegap dan gagah.

Rangka manusia terdiri dari amat sangat banyak tulang-tulang keras dan lunak yang bersatu. Sehingga kita bisa mendapatkan bentuk tubuh tangan, kaki, tubuh dan badan seperti yang dapat kita lihat sekarang. Tanpa adanya rangka maka akan menjadi mustahil kita memiliki bentuk tubuh sedemikian sempurna, proporsional dan fungsional.

2. Memungkinkan Terjadi Gerakan

Kenapa kita bisa berjalan, mengangkat tangan, menggerakkan tubuh ke kanan ke kiri dan bahkan berputar-putar? Hal ini tentunya bukan sebuah kebetulan yang tidak disengaja. Semua tulang belulang itu tergabung dalam sistem gerak tubuh. Gerakan yang dapat diciptakan adalah merupakan bagian dari fungsi rangka tubuh manusia.

Tulang-tulang yang ini akan disatukan oleh persendian, inilah yang membuat kemungkinan dapat terjadinya gerakan pada tubuh kita. Sendi-sendi yang dilumasi oleh minyak sendi menjadikan setiap sendi engsel menjadi mudah digerakkan. Seperti pada tangan, kaki, jari jemari, lutut dan siku.

3. Pelindung Organ Tubuh Yang Lunak

Fungsi rangka pada tubuh manusia adalah hal sangat vital. Tidak dapat terbayangkan jika tubuh kita hanya tersusun oleh otot dan kulit saja. Sedangkan dalam tubuh kita terdapat organ-organ yang sifatnya lunak. Organ tersebut meliputi paru-paru, otak, jantung, hati, bola mata dan masih banyak lagi.

Organ tersebut berfungsi melangsungkan metabolisme dan aktivitas organ yang terus berlangsung selama kehidupan kita. Akan menjadi sangat berbahaya jika organ-organ tersebut tidak dilindungi oleh sistem rangka.

Benturan sedikit saja akan membuat cedera parah sehingga aktivitas tubuh menjadi terganggu. Akibatnya sangat jelas, kelangsungan kehidupan akan menjadi sebuah pertanyaan jika organ-organ vital mengalami kerusakan.

4. Tempat Pembentukan Sel Darah Merah

Tubuh yang sebagian besar dari cairan ini bagian terbanyak ada pada darah. Komposisi darah itu sangat beragam, salah satunya seperti sel darah merah. Sel darah merah mempunyai tugas mengangkut oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh untuk tetap mempertahankan kehidupan.
Bagian-bagian tubuh rangka manusia
Bagian-bagian tubuh rangka manusia (Wikimedia)

Pembentukan sel darah merah ini akan dibentuk di dalam sum-sum tulang. Oleh karenanya rangka tubuh pun menjadi sangat penting bagi sistem peredaran darah. Rangka yang sehat membuat pembentukan sel darah merah optimal. Sistem peredaran darah yang sehat menjadikan aktivitas tidak akan terganggu.

5. Tempat Melekatnya Otot Dan Pembuluh Darah

Otot dalam bahasa awamnya dikenal dengan daging. Yang nantinya daging dan pembuluh darah yang berupa pipa panjang melalui seluruh bagian tubuh ini menempel pada sistem rangka. Sehingga keberadaan rangka dengan otot dan pembuluh darah menjadi menyatu. Rangka sebagai tempat menempelnya otot dan pembuluh darah akan semakin mempermudah tubuh dalam menjalankan sistem metabolisme secara efisien dan efektif [Referensiid.wikipedia.org/wiki/Otot].

Semua dalam tubuh kita telah diciptakan agar tubuh dapat berfungsi secara optimal. Sistem rangka memiliki bagian andil yang besar. Fungsi rangka pada tubuh manusia adalah pokok dan mutlak harus dilaksanakan. Memelihara kesehatan tulang dengan mengkonsumsi cukup kalsium dan mendapat sinar matahari yang cukup menjadikan kesehatan rangka akan terjaga. Anda pun akan dapat tetap lincah beraktivitas sampai tua.

Next article Next Post
Previous article Previous Post